Selasa, 15 Agustus 2017

5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Pelajar SMA

Kata orang, yang namanya pelajar SMA itu haru belajar dengan giat supaya mendapatkan nilai dan hasil yang memuaskan ketika ujian. Pernyataan tersebut sebenarnya tidak salah, tapi yang namanya pelajar SMA kan juga butuh uang jajan, belum lagi kalau harus mengikuti berbagai kegiatan sekolah yang membutuhkan uang juga.

Orang tua pasti memberikan apapun yang dibutuhkan si anak termasuk uang jajan. Namun, kondisi keuangan orang tua tidak selalu lebih, bahkan ada juga yang kekurangan. Mungkin kamu sebagai seorang pelajar merasa tidak enak jika terus meminta uang kepada orang tua walaupun itu hak anda sebagai anak.
Nah..tidak ada salahnya jika anda menjalankan bisnis sampingan tanpa harus mengganggu waktu sekolah. Berikut ini peluang bisnis sampingan untuk pelajar SMA, silakan disimak ya :

peluang bisnis sampingan pelajar SMA

Peluang Bisnis Sampingan untuk Pelajar SMA



Bisnis Pulsa & Paket Internet

Sekarang ini siapa sih yang tidak butuh pulsa, apalagi kuota internet. Bisa dibilang tanpa pulsa dan kuota hidup ini terasa hampa. Semua pelajar pasti membutuhkan pulsa dan kuota untuk smsan, telpon, update sosmed, videocall, dan lainnya.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini di sekolah, tawarkan ke teman-teman sekelas, teman nongkrong, anggota OSIS, yang sekiranya harus membutuhkan pulsa setiap saat deh. Siapkan buku khusus untuk mencatat jumlah pulsa dan kuota yang terjual, supaya nantinya kamu bisa memisahkan antara uang untuk belanja pulsa dengan uang keuntungan yang kamu dapatkan.

Bisnis Makanan Ringan/ Cemilan

Ketika menunggu waktu pergantian jam pelajaran biasanya perut akan terasa lapar. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual makanan ringan atau cemilan. Kamu bisa mencari resep atau ide menu cemilan dan cara membuatnya di youtube.

Untuk pengemasan tidak harus bagus, kamu bisa menggunakan plastik kiloan yang direkatkan menggunakan api lilin. Selain menjual cemilan di kelas, kamu juga bisa titip jual di kantin sekolah atau warung di dekat sekolah.

Bisnis Fashion

Bisa dibilang bisnis fashion merupakan bisnis yang tidak pernah mati selama manusia masih ada. Pilih jenis fashion yang sesuai dengan minatmu. Misalkan, kamu senang memakai t shirt, maka kamu bisa menjual tshirt atau kaos dengan berbagai macam desain dan model.

Buat kamu para lelaki yang punya hobi musik, nah..kamu bisa menjual aneka pakaian, sepatu, bahkan jaket yang berhubungan dengan musik. Kamu tidak harus punya mesin sablon, sekarang ini sudah banyak kok jasa sablon kaos satuan dengan harga yang murah.

Bisnis Aksesoris Gadget

Dengan melihat perkembangan gadget yang semakin menggila saat ini maka bisnis aksesoris gadget bisa mejadi pilihan yang tepat untukmu. Berbagai macam aksesoris bisa kamu jual seperti silicon, cashing yang bisa dicustom warna dan gambarnya, book case untuk tab dan lainnya.

Untuk pemasarannya, kamu bisa menjual ke teman-teman sekolah dan teman nongkrong, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan social media dan juga forum online. Jual aksesoris gadget dengan harga yang terjangkau, dan berikan promo menarik untuk menarik minat pembeli.

Bisnis Sablon

Buat kamu yang punya keahlian menyablon maka kamu bisa memanfaatkan keahlianmu menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Kamu bisa membuka jasa sablon kaos baik satuan ataupun borongan. Buatlah brosur yang menarik terkait jasa sablon milikmu, kemudian sebarkan ke komplek perumahan, perkantoran, dan sekolahan. 

“Kalau nggak bisa nyablon gimana?”

Tenang aja, buat kamu yang tidak bisa menyablon, kamu bisa menjadi makelar jasa sablon. Ketika ada orderan sablon, kamu bisa lempar ke tukang sablon yang ada di sekitar rumahmu. Kamu bisa minta uang DP terlebih dahulu sebagai tanda jadi, nantinya uang DP tersebut kamu gunakan untuk membayar tukang sablon.

Dari 5 peluang bisnis sampingan untuk pelajar SMA diatas, silakan kamu pilih yang sesuai dengan minat atau passionmu. Hasil dari bisnis yang kamu jalankan tentunya bisa kamu gunakan untuk jajan, menabung dan lainnya. 

Bahkan, jika binis sampinganmu ini semakin besar maka keuntungan yang kamu dapatkan bisa untuk bayar sekolah sendiri loh, sehingga kamu dapat meringankan beban kedua orang tua. Enak banget kan…!!

1 komentar: