Sabtu, 19 Mei 2018

Inilah Strategi Digital Marketing yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, berawal dari terciptanya telepon yang mempermudah komunikasi jarak jauh hingga munculnya internet yang mampu menghubungkan semua orang di seluruh dunia.

Yups, memang harus diakui jika pengaruh internet memang sangat luar biasa. Bahkan, kebutuhan internet saat ini hampir setara dengan kebutuhan pokok.

Strategi digital marketing

Strategi Digital Marketing


Sekarang ini Internet memiliki peran penting dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang pemasaran. Sistem pemasaran menggunakan internet seringkali disebut digital marketing. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet setiap harinya, tidak heran jika internet dijadikan sarana yang sangat efektif untuk media pemasaran.

Nah, kali ini akan dibahas strategi digital marketing yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan, check it out :

Search Engine Optimization (SEO)

Banyak pebisnis online yang beranggapan hanya dengan membuat website yang bagus maka pengunjung akan datang dengan sendirinya. Anggapan tersebut tidaklah benar. Dibutuhkan teknik agar website Anda bisa berada di halaman pertama search engine (mesin pencari) sehingga mudah ditemukan oleh pengguna internet ketika mencari informasi tentang Anda.

strategi digital marketing SEO

Cara untuk menaikan website ke halaman pertama mesin pencari disebut Search Engine Optimization (SEO). Selain untuk meningkatkan jumlah pengunjung website, SEO juga berfungsi untuk brand awareness sehingga website Anda lebih dikenal banyak orang.

Baca Juga : Bisnis Online Produk Digital dengan Keuntungan Menggiurkan

Email Marketing

Email merupakan salah satu tools internet paling tua. FYI, email pertama kali terlihat di internet pada tahun 1971, kemudian terus berkembang yang sebelumnya hanya sebagai media pengirim pesan dan berbagi informasi menjadi tools marketing yang sangat ampuh.

Dilansir dari Tech in asia, email marketing terbukti mampu meningkatkan ROI (return of investment) sebesar 122 persen.

strategi digital marketing email

Keuntungan lain menggunakan email marketing yaitu tidak menguras biaya. Untuk menjalankan strategi email marketing Anda bisa menggunakan tools online khusus untuk mengirim email marketing secara massal seperti mailchimp, kirim.email, getresponse, dan lainnya.

 Semua tools email marketing tersebut menyediakan versi gratis atau free trial yang bisa Anda gunakan sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur yang berbayar.

Walaupun tools email marketing harus berbayar tapi terbukti efektif untuk menjaring konsumen dan meningkatkan penjualan. Sayangnya, masih banyak pebisnis online yang belum bisa menggunakan email marketing secara maksimal, bahkan ada juga loh yang asal-asalan.


Lalu, bagaimana cara menggunakan email marketing yang benar ?

Anda tidak perlu bingung, berikut ini tips promosi menggunakan email marketing :

Kumpulkan email sesuai dengan segmen pasar Anda

Caranya, berikan sesuatu secara gratis seperti ebook, software, audio, atau video yang relevan dengan produk Anda tapi dengan syarat pengunjung harus memasukan nama dan email mereka terlebih dahulu. Dengan begitu, email yang anda kumpulkan adalah email para pengunjung yang benar-benar sesuai dengan target pasar Anda.

Mulai mengirim email secara bertahap

Setelah email terkumpul, selanjutnya mulailah mengirim email tapi jangan langsung promosi ya. Sangat disarankan untuk mengirim email perkenalan dulu, jelaskan siapa Anda dan jelaskan kenapa orang harus mengunjungi website anda.

Sebutkan nama si penerim ketika mengirimkan email, cara ini sangat efektif untuk membangun hubungan yang baik dengan pengunjung Anda.


Berikan informasi bermanfaat

Selanjutnya, jangan langsung promosi tapi kirimkan email berisi informasi yang relevan dengan produk atau bisnis Anda. Misalkan, Anda menjual produk tas wanita maka Anda bisa mengirimkan email berisi informasi cara merawat tas agar lebih awet, tips memilih tas yang bagus, atau cara membedakan tas kw dan yang asli.

Dengan begitu, pengunjung akan merasa senang dan menganggap email Anda bukan spam. Bahkan, bukan tidak mungkin jika mereka selalu menunggu email dari Anda.

Waktunya promosi

Nah….sekarang waktunya mengirimkan email promosi. Sebagai perbandingan yaitu 3:1 artinya 3 kali mengirimkan email berisi informasi dan 1 kali berisi promosi penawaran sehingga pengunjung tidak merasa bosan menerima email dari Anda dan bersedia membeli produk apapun yang Anda tawarkan.

Buatlah Headline yang menarik sehingga mampu  memikat pengunjung dan mau melakukan klik pada email yang Anda kirim. Headline yang memikat juga terbukti mampu menghasilkan 30% penjualan.

Isi email promosi dengan sales letter yang mampu memancing emosi pembaca supaya mereka merasa rugi jika tidak membeli produk Anda.

Social Media Marketing

Media sosial merupakan jenis situs yang paling banyak dikunjungi dan paling banyak jumlah interaksinya. Banyak pebisnis dan marketer yang setuju jika media sosial merupaka sarana yang paling tepat untuk berpromosi.

strategi digital marketing social media

Pilih jenis social media yang sesuai dengan produk Anda, karena tidak semua social media cocok untuk jenis bisnis. Contoh, untuk website jenis B2B (Business To Business) maka linkedin merupakan social media yang tepat untuk promosi karena media sosial tersebut berisi professional dan pelaku bisnis.

Strategi digitalmarketing diatas sudah dibuktikan oleh berbagai perusahaan besar ataupun startup yang sudah sukses. Anda bisa terapkan untuk website atau toko online milik Anda sendiri. Tapi ingat, strategi diatas harus selalu tracking setiap perkembangannya supaya anda bisa mengetahui tingkat efektifitas strategi digital marketing yang Anda jalankan.

0 komentar

Posting Komentar