Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek
kehidupan, berawal dari terciptanya telepon yang mempermudah komunikasi jarak
jauh hingga munculnya internet yang mampu menghubungkan semua orang di seluruh
dunia.
Yups, memang harus diakui jika pengaruh internet memang
sangat luar biasa. Bahkan, kebutuhan internet saat ini hampir setara dengan
kebutuhan pokok.
Strategi Digital Marketing
Sekarang ini Internet memiliki peran penting dalam berbagai
bidang, salah satunya di bidang pemasaran. Sistem pemasaran menggunakan
internet seringkali disebut digital marketing. Dengan meningkatnya jumlah
pengguna internet setiap harinya, tidak heran jika internet dijadikan sarana yang
sangat efektif untuk media pemasaran.
Nah, kali ini akan dibahas strategi digital marketing yang
terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan, check it out :
Search Engine Optimization (SEO)
Banyak pebisnis online yang beranggapan hanya dengan membuat
website yang bagus maka pengunjung akan datang dengan sendirinya. Anggapan
tersebut tidaklah benar. Dibutuhkan teknik agar website Anda bisa berada di
halaman pertama search engine (mesin pencari) sehingga mudah ditemukan oleh
pengguna internet ketika mencari informasi tentang Anda.
Cara untuk menaikan website ke halaman pertama mesin pencari
disebut Search Engine Optimization (SEO). Selain untuk meningkatkan jumlah
pengunjung website, SEO juga berfungsi untuk brand awareness sehingga website Anda lebih dikenal banyak orang.
Baca Juga : Bisnis Online Produk Digital dengan Keuntungan Menggiurkan
Email Marketing
Email merupakan salah satu tools internet paling tua. FYI,
email pertama kali terlihat di internet pada tahun 1971, kemudian terus
berkembang yang sebelumnya hanya sebagai media pengirim pesan dan berbagi
informasi menjadi tools marketing yang sangat ampuh.
Dilansir dari Tech in asia,
email marketing terbukti mampu meningkatkan ROI (return of investment) sebesar
122 persen.
Keuntungan lain menggunakan email marketing yaitu tidak
menguras biaya. Untuk menjalankan strategi email marketing Anda bisa
menggunakan tools online khusus untuk mengirim email marketing secara massal
seperti mailchimp, kirim.email, getresponse, dan lainnya.
Semua tools email
marketing tersebut menyediakan versi gratis atau free trial yang bisa Anda
gunakan sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur yang berbayar.
Walaupun tools email marketing harus berbayar tapi terbukti
efektif untuk menjaring konsumen dan meningkatkan penjualan. Sayangnya, masih
banyak pebisnis online yang belum bisa menggunakan email marketing secara
maksimal, bahkan ada juga loh yang asal-asalan.
Lalu, bagaimana cara menggunakan email marketing yang benar
?
Anda tidak perlu bingung, berikut ini tips promosi
menggunakan email marketing :
Kumpulkan email sesuai dengan segmen pasar Anda
Caranya, berikan sesuatu secara gratis seperti ebook,
software, audio, atau video yang relevan dengan produk Anda tapi dengan syarat
pengunjung harus memasukan nama dan email mereka terlebih dahulu. Dengan
begitu, email yang anda kumpulkan adalah email para pengunjung yang benar-benar
sesuai dengan target pasar Anda.
Mulai mengirim email secara bertahap
Setelah email terkumpul, selanjutnya mulailah mengirim email
tapi jangan langsung promosi ya. Sangat disarankan untuk mengirim email
perkenalan dulu, jelaskan siapa Anda dan jelaskan kenapa orang harus
mengunjungi website anda.
Sebutkan nama si penerim ketika mengirimkan email, cara ini
sangat efektif untuk membangun hubungan yang baik dengan pengunjung Anda.
Berikan informasi bermanfaat
Selanjutnya, jangan langsung promosi tapi kirimkan email berisi
informasi yang relevan dengan produk atau bisnis Anda. Misalkan, Anda menjual
produk tas wanita maka Anda bisa mengirimkan email berisi informasi cara
merawat tas agar lebih awet, tips memilih tas yang bagus, atau cara membedakan
tas kw dan yang asli.
Dengan begitu, pengunjung akan merasa senang dan menganggap
email Anda bukan spam. Bahkan, bukan tidak mungkin jika mereka selalu menunggu
email dari Anda.
Waktunya promosi
Nah….sekarang waktunya mengirimkan email promosi. Sebagai
perbandingan yaitu 3:1 artinya 3 kali mengirimkan email berisi informasi dan 1
kali berisi promosi penawaran sehingga pengunjung tidak merasa bosan menerima
email dari Anda dan bersedia membeli produk apapun yang Anda tawarkan.
Buatlah Headline yang menarik sehingga mampu memikat pengunjung dan mau melakukan klik
pada email yang Anda kirim. Headline yang memikat juga terbukti mampu
menghasilkan 30% penjualan.
Isi email promosi dengan sales letter yang mampu memancing
emosi pembaca supaya mereka merasa rugi jika tidak membeli produk Anda.
Social Media Marketing
Media sosial merupakan jenis situs yang paling banyak
dikunjungi dan paling banyak jumlah interaksinya. Banyak pebisnis dan marketer
yang setuju jika media sosial merupaka sarana yang paling tepat untuk
berpromosi.
Pilih jenis social media yang sesuai dengan produk Anda, karena
tidak semua social media cocok untuk jenis bisnis. Contoh, untuk website jenis
B2B (Business To Business) maka linkedin merupakan social media yang tepat
untuk promosi karena media sosial tersebut berisi professional dan pelaku
bisnis.
Strategi digitalmarketing diatas sudah dibuktikan oleh berbagai perusahaan besar ataupun
startup yang sudah sukses. Anda bisa terapkan untuk website atau toko online
milik Anda sendiri. Tapi ingat, strategi diatas harus selalu tracking setiap perkembangannya supaya
anda bisa mengetahui tingkat efektifitas strategi digital marketing yang Anda
jalankan.
0 komentar
Posting Komentar