Jumat, 11 Mei 2018

Bisnis Online Produk Digital dengan Keuntungan Menggiurkan

Jumlah pebisnis online di Indonesia semakin bertambah setiap harinya karena untuk menjalankan bisnis online sangat mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Penghasilan yang bisa didapatkan cukup menggiurkan, mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah setiap bulan.


Berdasarkan survey dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 143,26 Juta jiwa. Wow… ini merupakan jumlah yang sangat fantastis bahkan mengalahkan jumlah penonton televisi.

Tidak heran jika banyak pebisnis konvensional yang juga menjual produknya secara online karena pasarnya sangat luas sehingga berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Bukan hanya produk yang fisik, banyak juga pebisnis online yang menjual produk non fisik atau digital seperti software, audio, music, ebook, antivirus, chip game online dan lainnya.

Tidak seperti produk fisik yang membutuhkan modal besar untuk stok barang, bisnis online produk digital modalnya sangat minim bahkan ada juga yang tanpa modal loh karena anda hanya perlu membuat sekali dan bisa dijual berkali-kali menggunakan sistem download.

Berikut ini beberapa kelebihan menjual produk digital:

  • Produk bisa dijual berulang kali tanpa harus mengeluarkan modal lagi
  • Pengiriman produk digital relatif lebih mudah karena tinggal memberikan link download
  • Penjualan dan pengiriman produk bisa diatur agar tetap berjalan selama 24 jam
  • Anda bisa bekerja dimanapun dan kapanpun karena penjualan produk digital tidak membutuhkan gudang ataupun kantor, bahkan Anda bisa pantau lewat handphone.
  • Sistem pembayaran relatif lebih mudah karena tinggal transfer dan langsung masuk ke rekening Anda
  • Harga jual ditentukan oleh Anda sendiri
Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, berawal dari terciptanya telepon yang mempermudah komunikasi jarak jauh hingga munculnya internet yang mampu menghubungkan semua orang di seluruh dunia.

Yups, memang harus diakui jika pengaruh internet memang sangat luar biasa. Bahkan, kebutuhan internet saat ini hampir setara dengan kebutuhan pokok.
 


Bisnis Online Produk Digital 

Nah, supaya produk digital anda laris terjual sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu dengan cara berikut ini :


  • Lihat masalah apa yang saat ini sedang dihadapi oleh pengguna internet
  • Riset berdasarkan kebutuhan bukan keinginan
  • Meninjau segmen pasar untuk produk digital buatan anda
  • Buat produk digital dengan kualitas yang baik
  • Tentukan harga yang terjangkau, jangan terlalu mahal tapi juga jangan terlalu murah
  • Setelah melakukan riset, maka anda bisa mendapatkan ide produk digital seperti apa yang kira-kira pantas dibuat dan bisa laris terjual.

Saya tertarik, tapi saya tidak ahli dalam membuat produk digital ?? gimana dong ??

Anda tidak perlu bingung, jika tidak memiliki keahlian dalam membuat produk digital maka anda bisa menjadi affiliate situs penyedia produk-produk digital. Nanti, anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk. Komisinya lumayan besar loh, mulai dari 50%-95%.

Berikut ini situs yang menyediakan program affiliate untuk produk digital :

  1. Clickbank
  2. Amazon
  3. Ratakan (marketplace produk digital Indonesia)

Oke, sekarang saya sudah punya produk digital yang siap dijual, tapi gimana cara promosinya??

Supaya produk digital Anda laku terjual, maka harus diperkenalkan terlebih dahulu atau launching. Nah, berikut ini ada beberapa tips supaya produk digital Anda menghasilkan banyak penjualan sejak pertama kali launching :



Free Trial

Hampir semua orang menyukai segala hal yang gratis, termasuk produk digital. Untuk memancing pengunjung sebelum melaunching produk digital anda, maka anda bisa memberikan produk digital lainnya secara gratis tapi yang masih relevan atau saling berkaitan.

Misalkan, Anda menjual tutorial membuat website maka anda bisa memberikan penawaran berupa pembelajaran tahap awal secara gratis atau gratis coba (free trial). Jika ada pengunjung yang ingin melanjutkan pembelajarannya ke tahap yang lebih tinggi, barulah anda minta pembayaran.

Contoh lainnya, Anda menjual software akuntansi maka Anda bisa memberikan free trial selama 7 hari, setelah itu jika ingin upgrade maka pengguna bisa melakukan pembayaran.

Dari free trial ini, Anda sebenarnya juga bisa mengumpulkan database para pelanggan. Caranya, minta pelanggan untuk memasukan data diri mereka seperti nama, email, nomor telepon dan alamat lengkap sebagai syarat untuk bisa mencoba free trial tersebut.

Membuat Headline yang Menarik

Headline dapat meningkatkan penjualan produk digital hingga 70% loh. Buatlah headline atau judul yang menggoda ketika dibaca. Contoh headline untuk ebook diet “Cara Kilet Menurunkan Berat 
Badan 7 Kg dalam 30 Hari”

Contoh lainnya untuk headline antivirus “Basmi Virus Dalam Hitungan Detik dengan Antivirus Ini, Free Trial 7 Hari”

Email Marketing

Salah satu strategi digital marketing yang paling ampuh adalah pemasaran melalui email. Dengan memanfaatkan strategi “free trial” sebelumnya, anda bisa mendapatkan data berupa email yang bisa dimanfaatkan untuk promosi.

Pertama kali yang dilihat pada struktur email ketika masuk ke inbox adalah headline atau judulnya. Maka dari itu buatlah headline yang memikat sehingga si penerima langsung mengklik iklan anda.

Untuk isi emailnya, buatlah kata-kata yang menarik yang menerangkan tentang produk digital milik Anda, mulai dari alasan kenapa mereka harus membeli produk digital anda, kelebihannya serta tawarkan promo menarik untuk pembeli pertama.

Manfaatkan Jejaring Sosial untuk Promosi

Hampir semua orang dari berbagai kalangan memiliki jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Jejaring sosial merupakan situs yang paling banyak penggunanya dan paling sering dikunjungi, wajar saja jika sering dijadikan tempat untuk berpromosi.

Buat akun jejaring sosial khusus untuk promosi kemudian share konten yang bermanfaat tapi masih relevan dengan produk digital yang Anda jual. Jika teman, follower atau pengikut sosmed anda sudah banyak maka Anda bisa mempromosikan produk digital milik Anda.

Joint Venture (JV) dengan Penjual Produk Digital Lainnya

Setiap penjual produk digital pasti memiliki database pelanggan yang telah membeli produk mereka. Nah, anda bisa bekerja sama dengan para penjual produk digital tersebut untuk ikut mempromosikan produk digital yang anda jual ke seluruh database pelanggan mereka.

Tawarkan sistem bagi hasil yang menguntungkan, misalkan keuntungan untuk anda 30% dan untuk mitra 70%.

Wah….rugi dong???

Eitss….ya nggak rugi lah, kan produk digital tidak membutuhkan modal yang besar, apalagi kalau produk digital tersebut anda yang buat sendiri.

Berapa sih keuntungan menjual produk digital ?

Kita ambil contoh untuk penjualan ebook bisnis online dengan harga paling minim Rp 150.000, jika yang beli ada 100 orang dalam sebulan berarti anda bisa mendapatkan omset Rp 15.000.000. Berarti profit anda tinggal dikurangi modal untuk membeli domain (Rp 100.000), Hosting (Rp 400.000), Iklan (Rp3.000.000) = Rp 15.000.000 – Rp 3.500.000 = Rp 11.500.000
Wooww… ternyata keutungan bisnis online produk digital besar juga ya..!!
Gimana ??? Tertarik untuk mencoba ???

0 komentar

Posting Komentar